Wednesday, September 7, 2011

`Perjalananku`

Liburan lebaran kemarin gw pergi ke Kalimantan, mengunjungi keluarga dari nyokap yang tinggal di sana, ada nenek-kakek gw, ada om dan tante-tante gw juga.

Perjalanan yang panjang, melelahkan tapi juga sangaatt menyenangkan..

Gw berangkat tanggal 26 Agustus 2011, perjalanan diawali dari Bandara Soekarno Hatta, .
Gw naik Batavia Air, Jurusan Jakarta-Balikpapan (15:30), pesawatnya tunda 2 jam jadi baru berangkat jam 17:30 dan sampai di Balikapapan jam 20:30 (waktu Kalimantan).
Setelah sampai di sana perjalanan dilanjutkan dengan Travel, menuju ke daerah Sangatta, Kalimantan Timur..Dari sinilah perjalanan melelahkan itu dimulai, jalanan yang berliku-liku seperti huruf S, dan tikungan yang sangat tajam seperti siku tangan ditekuk, bikin ngeri..
apalagi di kiri kanan jalan ada jurang dan hutan belantara, gw juga nglewatin daerah perbukitan, ada yang namanya Bukit Soeharto (wow begitu kayanya mantan presiden itu, sampai2 punya bukit segala..hehe), nglewatin Gunung Menangis, blm tau apa asal muasalnya nama gunung ini.
1 lagi yg super bikin surprise, supir Travelnya yang gw yakin banget dia ga tau rem itu sebelah mana soalnya sepanjang perjalanan yang dia injek itu cuma gaaasssssss.....
bener2 sampai mual gw dibuatnya,,. :(
mungkin dia berprinsip "lebih cepat, lebih baik". :'(
Setelah 8 jam perjalanan yang mengguncang jiwa raga akhirnya sampai juga ke tempat pemberhentian pertama, Sangatta...Legaaaa.....
Perjalanan selanjutnya menggunakan Travel juga, tetapi Travel yang berbeda..
Kali ini jalanan yang dilewatin ga berliku-liku tapi naik turun gunung,.
Tanjakan yang tinggi dan turunan yang curam serta jalan yang masih berbatu dan berdebu menjadi tantangan dan kenikmatan tersendiri.
Meskipun jalannya belum tersentuh aspal tapi ini terasa lebih nyaman daripada di Travel pertama,.
di kiri-kanan jalan masih sama, hutan belantara..
Tapi ada yang berbeda disini karena di balik hutan rimba itu ternyata tersembunyi tambang batu bara yang sangat besar.
Perusahaan yang sangat terkenal menguasai tempat itu..
di sana gw sempat lihat ada truk-truk besar pengangkut batu bara yang selama ini cuma gw lihat di televisi.
tapi sayang tambangnya sendiri ga terlihat dari jalan.
ada pemandangan yang agak menyebalkan di daerah itu, baru kali ini gw lihat secara langsung hutan-hutan mulai di gunduli dan gunung-gunung yang mulai di ratakan...sedih liatnya..
Pasti beberapa tahun ke depan tempat itu hanya akan menjadi petambangan dan perkebunan, tanpa ke exotic-an hutan Kalimantan lagi.
yah sudahlah, toh gw juga ga bisa berbuat apa2..

2 jam perjalanan sudah di lewati, dan sampailah gw di rumah nenek dan kakek gw..sambutan yang sangat hangat dan mengharukan...
Sudah 8 tahun ga ketemu jadi wajarlah kalau suasananya jadi emosional,.

Setiap hari di sana kerjaan gw cuma makan, tidur, ngobrol...ckckcckkk
senaaanngg karena utntuk pertama kalinya gw lebaran bersama keluarga besar..
untuk pertama kalinya gw mandi di kali yang masih banyak monyet2 berkeliaran di sekitarnya.. :p
untuk pertama kalinya juga gw makan daging rusa..hahaha,,ini nyata lhoo..
senang senang dan senang...

Tapi tanggal 2 september 2011 semuanya harus disudahi..
1 minggu yang menyenangkan itu akhirnya harus selesai juga karena gw harus kembali ke jakarta.
Gw harus kembali ke kehidupan biasa..
Yah meskipun di sana kualitas airnya kurang bagus (kulit gw yang sudah hitam menjadi semakin hitam),
meskipun di sana udaranya kalau siang panas banget dan kalau malam dingin banget,
meskipun di sana listriknya cuma nyala pas malam aja,
meskipun di sana jauh dari mall,
tapi gw suka sama kehidupan di sana..
Hemmm...mungkin ga ya gw tinggal dan menetap di sana?????? ^^



No comments:

Post a Comment